Rabu, 05 Mei 2010

EMAIL DAN BLOGGER

EMAIL DAN BLOGGER

Sejarah Pembuatan Blogger (Blogspot)
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993,Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin?s Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada diluar sana belumlah seberapa. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
Pada Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis. Walaupun sebelum itu (Juli 1999) layanan membuat Blog online dan gratis yaitu Pitas telah ada dan telah membuat Blogger bertambah hingga ratusan, tapi jumlah Blog tidak pernah bertambah banyak begitu rupa sehingga Blogger.com muncul di dunia per-blog-an. Blogger.com sendiri saat ini telah memiliki hingga 100.000 Blogger yang menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per bulan. Blogger.com dan Pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup, Edit this Page dan juga Velocinews.
Sejak saat itu Blog kian hari kian bertambah hingga makin sulit untuk mengikutinya. Eatonweb Portal adalah salah satu daftar Blog terlengkap yang kini ada diantara daftar Blog lainnya. Ribuan Blog kemudian bermunculan dan masing-masing memilih topik bahasannya sendiri, dimulai dari bagaimana menjadi orang tua yang baik, hobi menonton film, topik politik, kesehatan, sex, olahraga, buku komik dan macam-macam lagi. Bahkan Blogger ada Blog tentang barang-barang aneh yang dijual di situs lelang Ebay yang bernama Who Would By That?. Cameron Barret menulis pada Blog-nya essay berjudul Anatomy of a Weblog yang menerangkan tema dari Blog. ?Blog seringkali sangat terfokus pada sebuah subjek unik yaitu sebuah topik dasar dan/atau sebuah konsep yang menyatukan tema-tema dalam Blog tersebut.? Secara sederhana topik sebuah Blog adalah daerah kekuasan si Blogger-nya tanpa ada editor atau boss yang ikut campur, tema segila apapun biasanya dapat kita temukan sejalan dengan makin bermunculannya Blog di Internet. Dan ya, ide itu telah terpikirkan, Blogger bahkan sekarang telah membuat Blog dari Blog, dan bahkan Blog dari Blog dari Blog.
Dari sedemikian banyak Blog yang ada, Blog-Blog yang menetapkan standar dari Blog dan terkenal sehingga memiliki penggemarnya sendiri diantaranya adalah Blog milik Jorn Barger, Robot Wisdom yang disebut-sebut merupakan Blog terbesar dan paling berguna dimana dia setiap harinya menyodorkan sekian banyak link yang dibentuk dari ketertarikannya pada seni dan teknologi. Camworld adalah Blog populer milik Cameron Barret seorang Desainer Interaktif dimana dia mengkatagorikan topik-topik Blog-nya pada katagori, Random Thoughts, Web Design dan New Media. Camworld dapat disebut sebagai Blog klasik dalam arti Blog tersebut mengandung dosis tepat dari karakter dan opini pribadi dicampur dengan keselektifan pemilihan link-nya.
Blog terkenal lainnya diantaranya, ?Obscure Store?http://www.obscurestore.com/ milik Jim Romenesko yang menyediakan link bertemakan berita dan gosip serta hal-hal kecil yang sedikit mengarah pada underground movement, Lawrence Lee juga setiap hari mengupdate Blog-nya, Tomalak?s Realm dengan link-link pada berita tentang Web Design dan Net Business. Memepool dengan pilihan koleksi link-nya yang unik disertai analisis cerdas juga digemari sebagai Blog yang istimewa. Kottke.org merupakan Blog menarik milik Jason Kottke seorang Web Designer yang tinggal di San Francisco, di Blog-nya dia menulis bahwa Blog-nya tersebut adalah caranya mengisi waktu luang untuk menyusun kembali tulisan-tulisan, desain-desain dan critical skill-nya. Tak lupa juga Blog milik Dave Winer, Scripting News, salah satu Blog pertama yang banyak memberikan link tentang pemrograman.
Blogger atau yang sekarang disebut Blogspot sudah tidak asing lagi di kalangan blogger. Penyedia layanan blog gratisan ini adalah perusahaan besar yang menyaingi Wordpress sehingga bisa dibilang merupakan penyedia blog gratisan nomor satu paling laris di dunia. Berikut sejarah Blogger:
Blogger sebenarnya adalah sebuah sistem publikasi blog (blog publishing system) yang pada awalnya dibuat oleh Pyra Labs pada tanggal 23 Agustus 1999 dan merupakan sebuah dedicated blog-publishing tool pertama kali yang diperuntukkan untuk membantu mempopulerkan format tersebut.
Pada bulan Februari2003, dikarenakan kepopulerannya, akhirnya Pyra Labs diakuisisi oleh Google. Akuisisi ini memnyebabkan fitur premium yang sebelumnya dikenakan biaya, kemudian berubah gratis.
Pada tahun 2004, Google mengenalkan layanan barunya “Picasa”, yaitu sebuah aplikasi untuk mengorganisir dan mengedit foto digital. Layanan ini kemudian diintergrasikan dengan utility sharing foto Hello ke dalam layanan Blogger, sehingga memungkinkan seorang pengguna Blogger untuk memposting foto-foto mereka ke dalam blog yang dibuatnya.
Pada tanggal 9 Mei 2004, “Blogger” mendesain ulang tampilan utamanya, berbagai perubahan dilakukan di dalam Blogger dengan menambahkan berbagai fitur seperti web standards-compliant template, halaman arsip individu untuk posting, komentar dan posting menggunankan email.
Pada tanggal 14 Agustus2006, “Blogger” meluncurkan rilis terbaru dalam “versi beta” dengan kode “invader”, bersamaan dengan rilis versi Gold. Ini membuat berpindahnya pengguna Blogger ke server Google dan disertai dengan ditambahkannya beberapa “fitur baru” di dalamnya.Dalam bulan Desember 2006, akhirnya versi terbaru Blogger tersebut tidak lagi dalam “versi beta” dan dalam “bulan Mei 2007″, Blogger telah benar-benar berpindah ke server Google.


Manfaat Blogger
1. Blog menjadi sarana publikasi tulisan yang termudah sekaligus strategis. Kita sudah pada tahu, salah satu masalah utama yang dialami kebanyakan penulis terlebih lagi penulis pemula adalah soal wadah publikasi. Media massa umum seperti koran, tabloid, majalah, jurnal, sering kali terbatas ruangnya dan mematok standar kualitas tulisan tertentu. Setiap hari, ribuan tulisan masuk ke meja redaksi berbagai media massa, tapi hanya sedikit saja yang bisa dimuat.

2. Tulisan di blog mudah sekali dikomentari dan feedback ini banyak manfaatnya. Asal menu komentar tidak ditutup, maka siapa pun yang membaca tulisan kita bisa berkomentar apa saja di sana. Memang, untuk blog yang aktif serta sering dikunjungi, komentar mudah sekali didapat dan jumlahnya bisa banyak sekali. Sementara, blog yang kurang aktif, jarang ditaut (di-link), dan jarang dikunjungi biasanya juga tidak banyak komentarnya. Banyak orang belum sepenuhnya aware dengan peran komentar atau feedback tulisan ini. Bagi penulis, komentar atas tulisan sungguh merupakan alat uji bagi tulisan itu sendiri. Positif atau negatif komentarnya, itu semua bisa menjadi bahan perbaikan tulisan atau bagian dari proses pembelajaran penulisnya. Bahkan, banyak sekali ide-ide baru yang bisa dielaborasi dan dieksplorasi dari lalu lintas komentar tersebut.

3. Blog bisa menjadi alat penumbuh kebiasaan dan keteraturan menulis. Bagaimanapun, setelah punya blog biasanya kita akan terdorong untuk terus mengisinya dengan berbagai bentuk tulisan. Terlebih bila tulisan-tulisan kita mendapatkan sambutan atau aneka komentar dari para pengunjung. Ini akan memotivasi kita untuk rajin mem-posting tulisan. Bagi mereka yang sedang belajar menulis, komentar atau tanggapan blogger (penulis blog) lain ini akan sangat besar artinya. Khusus untuk para blogger yang sudah memiliki jaringan luas serta setiap tulisannnya dinantikan, pastilah ada semacam dorongan untuk terus mengisi blog-nya. Tulisan-tulisan terbaru para blogger yang sudah cukup bergaung namanya atau terkenal biasanya juga selalu dinantikan. Bila mereka mulai mengendor atau jarang meng-update blog, pasti ada keluhan dari para pengunjung setia. Jika ini keterusan, pengunjung bisa menurun dan akan kurang menguntungkan si blogger.

4. Menulis di blog secara rutin juga berdampak pada kemampuan kita dalam menuangkan gagasan. Makin sering menulis di blog, rasanya akan semakin mudah pula mengeluarkan ide-ide dalam bentuk tulisan. Ini sama persis dengan kegiatan menulis diari sehari-hari. Semakin sering kita mengisi diari, semakin mudah dan lancar pula kita menulis.



5. Blog bisa menjadi ajang ekspresi yang bebas hambatan sama sekali. Ini memungkinkan tulisan-tulisan yang dalam kacamata umum mungkin dianggap kurang pantas, terlalu absurd, atau melanggar aturan-aturan tertentu, di blog malah mendapatkan saluran seluas-luasnya. Blog bisa menjadi saluran gagasan-gagasan alternatif, bahkan yang paling ekstrim sekalipun. Ini yang tidak mungkin diwadahi oleh media konvensional. Sifat blog yang bisa diisi oleh siapa pun, dengan jenis tulisan apa pun, serta dengan segala tingkatan kemampuan menulis, membuatnya menjadi ajang ekspresi intelektual yang sangat konstruktif. Sumirnya batas-batas tersebut (karena penulis sendirilah yang menetapkan batasannya) bisa merangsang blogger menuliskan apa saja serta menambahkan keberanian dalam berekspresi. Nah, sisi keberanian berekspresi inilah yang bisa mendongkrak kemampuan menulis seseorang.

6. Blog adalah tempat kita untuk menabung tulisan. Satu demi satu kita isi blog dengan beragam tulisan, maka lama kelamaan blog kita akan penuh juga. Bagus sekali bila mayoritas tulisan yang kita tampilkan di blog adalah karya sendiri. Terlebih bila blog memang kita jadikan sebagai sarana untuk berlatih menulis dan menampung tulisan-tulisan karya sendiri. Pada saatnya nanti, tulisan-tulisan di blog bisa kita oleh menjadi karya lainnya, buku misalnya. Kalau tulisan sudah terkumpul dan temanya memiliki benang merah tertentu, serta dari sisi kualitas memang memenuhi syarat untuk dibukukan, mengapa tidak dibukukan? Potensi inilah yang tampaknya belum banyak dilirik oleh para blogger. Saya termasuk yang sedang mendorong-dorong para blogger supaya ngeh dengan potensi blog untuk dibukukan
.
7. Blog bisa berfungsi sebagai media personal branding. Blog bisa menjadi ajang unjuk ide, pikiran, karya, tulisan, serta pencitraan. Lima tahun yang lalu mungkin Anda tidak mengenal siapa itu Enda Nasution, Priyadi, Fatih Syuhud, Jennie S. Bev, dan para blogger kenamaan saat ini. Kalaupun sudah mengenalnya, mungkin hanya sayup-sayup belaka. Tapi, berkat kiprah mereka di dunia maya melalui blog, mereka kini dikenal menjadi orang-orang beken di dunia blog Tanah Air. Itu artinya, mereka berhasil membangun merek diri melalui blog. Tinggal pemanfaatan ekuitas mereknya saja akan seperti apa nantinya.







MENU PADA BLOGGER

Komentar Blogger memungkinkan siapapun, di manapun, mengisi umpan balik di entri Anda. Anda bebas menentukan apakah komentar dibuka di setiap entri dan Anda bebas menghapus komentar yang tak disukai.
Kontrol Akses memungkinkan Anda memutuskan siapa yang bisa membaca dan menulis blog Anda. Anda bisa menggunakan group blog dengan banyak penulis sebagai alat komunikasi untuk tim kecil, keluarga, atau kelompok lain. Ada sebagai penulis tunggal, Anda bisa membuat ruang privat untuk mengumpulkan berita, link, dan ide untuk Anda pakai sendiri atau dibagikan kepada sebanyak mungkin pembaca yang Anda mau.
Profil Blogger memungkinkan Anda menemukan orang maupun blog dengan minat yang sama. Profil Blogger Anda, tempat Anda dapat mendaftarkan blog Anda, hobi Anda, dan banyak hal, memungkinkan orang menemukan Anda (tetapi hanya jika Anda ingin ditemukan).
Template—Koleksi template kami akan membantu Anda memiliki situs yang menarik segera tanpa harus mempelajari HTML, walaupun Blogger juga mengizinkan pengeditan kode HTML blog kapanpun.
Warna dan font kustom— Ketika Anda siap untuk mengambil langkah berikutnya, Anda dapat lebih lanjut mengkustomisasi template kami untuk menciptakan sebuah rancangan yang secara sempurna merefleksikan Anda dan blog Anda.
Seret dan jatuhkan elemen laman — Sistem sederhana seret dan jatuhkan memungkinkan Anda dengan mudah memutuskan di mana Anda meletakkan posting, profil, arsip dan bagian lain laman Anda.
Selain itu ada pula yg dapat kita lakukan yaitu;
1. Publikasikan pemikiran Anda
2. Ajaklah teman-teman Anda.
3. Desain blog Anda
4. Posting Foto


LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT BLOGGER
1. Buka blog di www.blogger.com
2. Klik Ciptakan Blog Anda Sekarang
3. Setelah muncul tampilan seperti di bawah ini, isi formulir pendaftarannya.
4. Lalu klik Lanjutkan
5. Isi formulir selanjutnya, lalu klik Lanjutkan
6. Plih template yang diiinginkan, lalu klik Lanjutkan.
7. Blog Anda telah diciptakan. Dan Anda dapat memulai posting.


SEBERAPA PENTINGKAH KITA MEMILIKI E-mail?
E-mail sangat dibutuhkan untuk mendaftar di beberapa situs. tanpa email, kita gak mungkin bisa mendaftar di situs tersebut."
Misalkan,jika seseorang ingin mendaftar di facebook,blogger,twitter,dan lain2.dalam hal ini kita harus memiliki e-mail untuk melakukan pendaftaran tersebut.
Di dalam e-mail kita bisa membalas pesan,mengajak ketemuan,dan lain2.Hal ini e-mail sangat penting bagi seseorang dalam melakukan pendaftaran sekaligus dalam hal-hal yang positif misalkan,mencari teman,menambah pengalaman dan lain2

KAITAN EMAIL DENGAN BLOGGER

Kaitan email dengan blogger adalah email dapat digunakan pada saat kita ingin menulis surat kepada teman,keluarga,dan lain-lan.masih banyak lagi yang bisa kita lakukan dengan e-mail ini.sedangkan blogger media yang bisa di lihat oleh masayarakat melalui google,facebook,dan lain-lain.oleh karena itu,email sangat penting bagi blogger.karena tanpa email,blogger tidak akan tecipta,misalkan kita ingin memdaftar ke blogger pasti kita membutuhkan email dalam melakukak pendaftar tersebut.

PERBEDAAN EMAIL DAN BLOGGER
Email atau elektronik mail adalah media surat menyurat secara online, email memungkinkan kita untuk berkirim surat melalui internet dengan waktu yang cepat. Dalam perkembangannya, email berkembang dari sekedar teks ke media yang bisa mengirimkan berbagai media seperti file dokumen dan gambar.
Email bisa di akses dengan jasa mail service seperti Yahoo dan Google, alamat email biasanya akan memakai tanda @, sebagai contoh namakamu@yahoo.com atau namakamu@google.com.’Blosport’ Ruang ini bisa dipakai sebagai bookmark dan dipublikasi ke pada khalayak sehingga siapa saja bisa baca, ataupun diproteksi sehingga hanya orang yg dipilih pemilik blog sy yg bisa mengakses tulisan.
Situs blog kita dianggap sebagai “webring”. karenannya kita sendiri yg harus memutuskan apakah tulisan kita boleh dibaca orang atau tidak. Selain itu, kita juga bisa diberi ijin simpan file ke server google.com. File ini juga boleh diundu atau download bebas bila kita kasih ijin siapapun melakukannya.
Blogger adalah pemilik dari sebuah blog. Seorang blogger-lah yang membuat posting untuk sebuah blog, mengelola sebuah blog dengan tujuan beragam, baik sekedar sebagai diary maupun untuk tujuan lainnya. Biasanya blogger akan menjawab tiap-tiap komentar yang masuk ke blog nya.
Blogger juga merupakan nama komersil platform dan hosting blog gratis milik Google (yang lebih dikenal dengan nama ekstensi Blogspot).
LANGKAH - LANGKAH MEMBUAT EMAIL
Langkah - langkah untuk membuat email di YAHOO

1. Masuk ke Internet Explorer (atau godzilla klu ada, sama aja)
2. tuliskan pada address : yahoo.co.id [enter]
3. clik daftar (sebelah kanan atas)
4. isi setiap isian blangko formulir pendaftaran, khusus untuk point dua (Pilih ID dan sandi), ada ketentuan sebagai berikut :
ID Yahoo dan Email : [diisi dengan nama kamu dan sekolah] contoh : laili_almun
kata sandi : isikan password yang kamu inginkan, ingat harus gambang diingat (diulangi 2 x)
5. setelah diisi semua, perhatikan di bagian bawah adalah beberapa huruf "tebakan" harus kamu isikan di kolom sebelahnya.
6. jika sudah yakin benar dan terisi semua, terakhir pilih dengan klik "buat akun saya"
7. anda sudah berhasil membuat email dan silahkan di buka emailnya.
8. klu masih kesulitan membuat email dengan yahoo.co.id hubungi operator, pasti diajari..... !

Langkah langkah Membuat Email di Google

1. Langkah paling awal, siapkan koneksi internet, bukan browser, saya sarankan untuk memakai mozila fire fox, karena enak dan lebih cepat.
2. Masukan alamatnya urlnya http://mail.google.com/ atau kamu juga bisa masukan dulu http://google.co.id, kemudian klik menu gmail pada bagian atas jendela google
3. . Kemudian pilih menu [sign up ke gmail]
4. Lalu masukan identitas kamu pada formulir pendaftaran, untuk langkah-langkah pengisian sangat mudah sekali, dan hamper sama dengan cara pengisian pada layanan email di Yahoo.com, kalau kesulitan dalam mengisi karena formulir berbahasa inggris, tinggal gantit aja bahasanya pada pojok kanan sebelah atas jendela formulir pendaftaran. Pilih bahasa sesukamu, tapi maaf kayaknya untuk bahasa jawa tidak ada tuh… yang ada Cuma bahasa Indonesia

5. untuk pengisian verifikasi kata, jika sulit dibaca, bisa diganti dengan klik pada simbul kecil yang ada disebelah kanan kotak isian verfikasi kata.

6. Kalau sudah diisi semua, tinggal klik menu [Saya menerima. Buatkan akunku].. udah selesai
7. untuk mencoba menampilkan emailmu, lansung aja klik menu [saya siap – tampilkan account saya]

8. Kamu akan di bawa ke dalam jendela kotak masuk email kamu, untuk pertama kali ada satu pesan masuk dari gmail sendiri. Untuk membukanya, ya tinggal klik aja pesan yang tampil ada kotak masuk.
BERITA APA SAJA YANG BISA KITA MASUKKAN KE BLOGGER

Hal-hal apa saja bisa kita masukkan ke blogger,yaitu;
1. Berita tentang kita/pribadi,
2. Berita tentang pesahabatan,
3. Berita tentang pengalaman-pengalaman di waktu kita ada masalah dengan keluarga,teman,dan lain-lain,
4. Dan masih banyak lagi yang bisa kita masukkan ke blogger.

KAPAN KITA MENGEDIT PADA BLOGGER

Kita dapat mengedit blogger pada saat kita ingin menyampaikkan suatu permasalahan atau keinginanan kita yang masih terpendam dan masih bayak lagi yg bias kita masukkan ke dalam blogger(blogsport) agar khyalak yang ada diluar tahu permasalah kita dan dia pun memberikkan komemtar atas permasalah kita tersebut,agar dia bisa memberikkan jalan keluar bagi kita atau sebaliknya kita bisa mencari uang melalui blogger sesuai dengan zaman sekarang,yaitu zaman modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar